«

»

Aug
23

PELIHARA ANJING TREND ARTIS MASA KINI ?

Pagi ni dRS terjumpa di satu laman blog yang memaparkan pelakon yang boleh di kira sebagai orang lama dalam bidang seni lakon sedang memegang anjing dengan begitu mesra sekali dan di lihat seolah-olah tidak dapat di pisahkan.


NANU BAHARUDIN

Apapkah ini suatu lagi trend artis-artis kita memelihara haiwan terlarang itu ? atau Nanu ada alasan tersendiri, jika dulu dRS pernah menyiarkan foto sharifah sofea bermesra dengan anjing.


SHARIFAH SOFEA


ERIN KUMPULAN RES2

dRS tidak mahu mengulas lebih panjang tentang hal ini, cuma dRS ingin kongsikan dari hadis Nabi mengenai hukum-hakam memegang anjing :

Memelihara anjing Pemburu dan Penjaga, Hukumnya Mubah

Adapun anjing yang dipelihara karena ada kepentingan, misalnya untuk berburu, menjaga tanaman, menjaga binatang dan sebagainya dapat dikecualikan dari hukum haram. Sebab dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Muslim dan lain-lain, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa memelihara anjing, selain anjing pemburu atau penjaga tanaman dan binatang, maka pahalanya akan berkurang setiap hari satu qirat.” (Riwayat Jamaah)

Berdasar hadis tersebut, sebagian ahli fiqih berpendapat, bahwa larangan memelihara anjing itu hanya makruh, bukan haram, sebab kalau sesuatu yang haram samasekali tidak boleh diambil/dikerjakan baik pahalanya itu berkurang atau tidak.

Dilarangnya memelihara anjing dalam rumah, bukan berarti kita bersikap keras terhadap anjing atau kita diperintah untuk membunuhnya. Sebab Rasulullah SAW bersabda:

“Andaikata anjing-anjing itu bukan umat seperti umat-umat yang lain, niscaya saya perintahkan untuk dibunuh.” (Riwayat Abu Daud dan Tarmizi)

Rasulullah pernah juga mengkisahkan kepada para sahabatnya tentang seorang laki-laki yang menjumpai anjing di padang pasir, anjing itu menyalak-nyalak sambil makan debu karena kehausan. Lantas orang laki-laki tersebut menuju sebuah sumur dan melepas sepatunya kemudian dipenuhi air, lantas minumlah anjing tersebut dengan puas.

Setelah itu Nabi bersabda:

“Karena itu Allah berterimakasih kepada orang yang memberi pertolongan itu serta mengampuni dosanya.” (Riwayat Bukhari)

Islam tidak merendahkan derajad mahluk Allah yang bernama anjing, hanya saja memang ada beberapa sifat anjing yang sudah menjadi ketentuan dalam ajaran Islam yakni bersifat najis (air liur si anjing).

Setelah anda membaca keterangan ayat-ayat di atas maka memelihara anjing hukumnya tetap haram.

Leave a Reply

Your email address will not be published.